2 Contoh Surat Pribadi Untuk Ayah Terbaik

bahasa--indonesia.blogspot.com - Contoh surat pribadi untuk ayah – Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Surat memiliki beberapa fungsi, yaitu sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran dan gagasan, alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Ada lima jenis surat yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu surat pribadi, resmi, niaga, dinas, lamaran pekerjaan. 

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tertulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi, bukan sebagai wakil atau utusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi.  Contoh surat pribadi untuk ayah – Surat pribadi berbeda dengan surat resmi yang memiliki pola tertentu dan menggunakan bahasa yang baku/ formal. Selain itu, dalam menulis surat pribadi hanya perlu memikirkan aturan diluar kebahasaan bahasa Indonesia. 

Dalam menulis surat pribadi yang perlu diperhatikan adalah tata etika atau sopan santun dalam bersurat, khususnya digunakan untuk mengirimkan surat kepada yang lebih dewasa dan orang yang baru dikenal.

Baca juga artikel terkait berikut ini:

1. 3 contoh surat izin tidak masuk sekolah yang benar
2. Contoh surat pribadi untuk teman atau sahabat
3. 2 contoh surat pribadi untuk ibu 

Ada dua hal yang perlu diperhatikan penulis/ pengirim dalam menulis surat pribadi, yaitu penerima surat dan tujuan pemberian surat. Dalam hal penerima surat ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu usia penerima surat, jenis kelamin penerima surat, dan hubungan yang ada antara pembuat dengan penerima surat (akrab, tidak akrab, atau baru kenal). Dalam hal tujuan surat ada tujuh hal yang perlu diperhatikan, yaitu mengundang, mengajukan permohonan (berupa barang atau informasi), menjawab undangan (menolak atau menerima), merencanakan sesuatu, memohon maaf, mengucapkan selamat atas sesuatu hal atau mengucapkan simpati atau suatu musibah, dan mengucapkan terima kasih.

Contoh Surat Pribadi Untuk Ayah

Contoh surat pribadi untuk ayah 1

Bandar Lampung, 2 Agustus 2015
Salam sayang,
Assalamualaikum wr. wb.

Apa kabar pak? Semoga bapak baik-baik ya di sana.  Bagaiman dengan pekerjaan bapak? Aku harap bapak tidak terlalu lelah saat bekerja. Karena jauh, aku sering sekali kawatir dengan kesehatan bapak.

Entah sudah berapa lama aku tidak mengunjungi bapak di kampung halaman, aku benar-benar kangen. bapak, maaf ya aku belum bisa pulang liburan minggu ini, itu karena tugas dan tanggung jawabku belum selesai. Aku janji, saat semua tanggung jawabku sudah selesai aku akan segera pulang. Jadi, bapak jangan kawatir ya. Doakan aku ya pak, semoga bisa mneyelesaikan tugasku dengan baik. Aku sudah tidak sabar ingin memeluk bapak.

Udah dulu ya bapak surat dari aku. Terima kasih bapak atas doanya. Aku sayang bapak selalu. wassalamualaikum wr. wb.
                                                           
Salam dari anakmu tersayang,


                                                                  Indah Putry



Contoh surat pribadi untuk ayah 2

Bandar Lampung, 2 Agustus 2015
Salam sayang,
Assalamualaikum wr. wb.

Ayah apa kabar? Semoga selalu baik dan dalam lindungan Tuhan ya yah. Ayah aku ingin memberitahukan kalau liburan bulan depan aku akan pulang menemui ayah dan bunda. Aku sudah tidak sabar ingin bertemu dengan kalian. Sudah satu tahun aku dan keluarga tidak berkunjung. Kebetulan liburan bulan depan anak-anak libur sekolah jadi bisa turut serta. Mereka sangat merindukan kakek mereka. Mereka selalu saja menanyakan kapan berlibur ke Tasik untuk bertemu kakek. Mereka ingin belajar berkebun bersama kakek katanya. Jadi ayah, jaga kesehatan ayah ya, jangan terlalu lelah bekerja dan banyak istrahat. Supaya saat kami tiba di sana bisa berbahagia dan menikmati hari libur bersama.

Sekian dulu surat dari aku ya ayah, doakan tidak ada halangan yang berarti sehingga rencana ini bisa terwujud. Terima kasih ayah. wassalamualaikum wr. wb.
                                                           
Salam dari anakmu tersayang,


                                                                  Indah Putry


Demikian penjelasan dan contoh surat pribadi untuk ayah diharapkan dapat menambah wawasan kalian dalam membuat surat kepada ayah kalian. Jangan lupa baca juga artikel bermanfaat lainnya di blog kami bahasa--indonesia.blogspot.com ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang bisa kalian jadikan referensi belajar bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 2 Contoh Surat Pribadi Untuk Ayah Terbaik