2 Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu dalam Bahasa Indonesia Terbaik

bahasa--indonesia.blogspot.com Contoh surat pribadi untuk ibu – Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Surat memiliki beberapa fungsi, yaitu sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran dan gagasan, alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Ada lima jenis surat yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu surat pribadi, resmi, niaga, dinas, lamaran pekerjaan. 

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tertulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi, bukan sebagai wakil atau utusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi.  Contoh surat pribadi untuk ibu – Surat pribadi berbeda dengan surat resmi yang mmeiliki pola tertentu dan menggunakan bahasa yang baku/ formal. Selain itu, dalam menulis surat pribadi hanya perlu memikirkan aturan diluar kebahasaan bahasa Indonesia. 

Contoh surat pribadi untuk ibu – Dalam menulis surat pribadi yang perlu diperhatikan adalah tata etika atau sopan santun dalam bersurat, khususnya digunakan untuk mengirimkan surat kepada yang lebih dewasa dan orang yang baru dikenal. 

Ada dua hal yang perlu diperhatikan penulis/ pengirim dalam menulis surat pribadi, yaitu penerima surat dan tujuan pemberian surat. Dalam hal penerima surat ada tiga hal yang perlu diperhatikan yaitu usia penerima surat, jenis kelamin penerima surat, dan hubungan yang ada antara pembuat dengan penerima surat (akrab, tidak akrab, atau baru kenal). Dalam hal tujuan surat ada tujuh hal yang perlu diperhatikan, yaitu mengundang, mengajukan permohonan (berupa barang atau informasi), menjawab undangan (menolak atau menerima), merencanakan sesuatu, memohon maaf, mengucapkan selamat atas sesuatu hal atau mengucapkan simpati atau suatu musibah, dan mengucapkan terima kasih.

Ada pola penyusunan surat pribadi yang baik dan benar sesuai dengan kaidah yang berlaku, silakan baca terkait tentang pola penyusunan dan contoh surat lainnya berikut ini:


Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu

                                                                                                            Bandar Lampung, 2 Agustus 2015
Salam sayang,
Assalamualaikum wr. wb.

Apa kabar ibu? Semoga ibu baik-baik ya di sana.  Bagaiman adnegan pekerjaan ibu? Aku harap ibu tidak terlalu lelah saat bekerja. Karena jauh, aku sering sekali kawatir dengan kesehatan ibu. 

Entah sudah berapa lama aku tidak mengunjungi ibu di kampung halaman, aku benar-benar kangen. Ibu, maaf ya aku belum bisa pulang liburan minggu ini, itu karena tugas dan tanggung jawabku belum selesai. Aku janji, saat semua tanggung jawabku sudah selesai aku akan segera pulang. Jadi, ibu jangan kawatir ya. Doakan aku ya bu, semoga bisa mneyelesaikan tugasku dengan baik. Aku sudah tidak sabar ingin memeluk ibu dan menikmati masakan ibu di rumah.

Udah dulu ya ibu surat dari aku. Kalau ibu sempat balas suratku ini ya. Terima kasih itu. Aku sayang ibu. wassalamualaikum wr. wb.
                                                                                                                   Salam dari anakmu tersayang,


                                                                                                        Indah Putry


Contoh surat pribadi untuk ibu 2
                                                                                                            Bandar Lampung, 2 Agustus 2015
Salam sayang,
Assalamualaikum wr. wb.

Ibu sayang apa kabar? Semoga selalu baik dan dalam lindungan Tuhan ya bu. Ibu aku ingin memberitahukan kalau liburan bulan depan aku akan pulang menemui ibu. Aku sudah tidak sabar ingin bertemu dengan ibu. Sudah satu tahun aku dan keluarga tidak berkunjung. Kebetulan liburan bulan depan anak-anak libur sekolah jadi bisa turut serta. Mereka sangat merindukan nenek mereka. Mereka selalu saja menanyakan kapan berlibur ke Tasik untuk bertemu nenek. Mereka ingin belajar berkebun bersama ibu katanya. Jadi ibu, jaga kesehatan ibu ya, jangan terlalu lelah bekerja dan banyak istrahat. Supaya saat kami tiba di sana bisa berbahagia dan menikmati hari libur bersama.

Sekian dulu surat dari aku ya bu, doakan tidak ada halangan yang berarti sehingga rencana ini bisa terwujud. Terima kasih ibu. Sayang ibu. wassalamualaikum wr. wb.
                                                                                                                   Salam dari anakmu tersayang,


                                                                                                       Indah Putry


Demikian penjelasan dan contoh surat pribadi untuk ibu diharapkan dapat menambah wawasan kalian dalam membuat surat kepada ibu kalian. Terima kasih untuk adik-adik dan kalian semua yang telah membaca artikel ini. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasa--indonesia.blogspot.com ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang bisa kalian jadikan referensi belajar. Semoga bermanfaat. Terimakasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 2 Contoh Surat Pribadi Untuk Ibu dalam Bahasa Indonesia Terbaik