Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Terbaik

Contoh surat pribadi untuk guru – Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Surat memiliki beberapa fungsi, yaitu sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran dan gagasan, alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Ada lima jenis surat yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, yaitu surat pribadi, resmi, niaga, dinas, lamaran pekerjaan. 

Surat pribadi adalah bentuk komunikasi tertulis (surat-menyurat) yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain sebagai pribadi, bukan sebagai wakil atau utusan yang berkaitan dengan kelembagaan/ kedinasan/ resmi.  Contoh surat pribadi untuk guru – Surat pribadi berbeda dengan surat resmi yang mmeiliki pola tertentu dan menggunakan bahasa yang baku/ formal. Selain itu, dalam menulis surat pribadi hanya perlu memikirkan aturan diluar kebahasaan bahasa Indonesia. 

Contoh surat pribadi untuk guru – Dalam menulis surat pribadi yang perlu diperhatikan adalah tata etika atau sopan santun dalam bersurat, khususnya digunakan untuk mengirimkan surat kepada yang lebih dewasa dan orang yang baru dikenal. 

Berikut ini adalah 2 contoh surat pribadi untuk guru yang telah saya buat sebagai referensi kalian dalam mempelajari berbagai contoh surat pribadi. Namun sebelumnya silakan baca juga artikel terkait berikut ini ya:

Contoh Surat Pribadi Untuk Guru

Contoh surat pribadi untuk guru 1

Bandar Lampung, 2 Agustus 2015
Salam hormat,
Assalamualaikum wr. wb.

Halo apa kabar Ibu Liza? Masihkan Ibu ingat dengan saya? Pasti ibu tidak bisa melupakan saya. Bagaimana tidak, saya adalah satu-satunya murid yang tidak mengerti pelajaran ibu (matematika). Setiap pulang sekolah, saya selalu saja merepotkan ibu untuk meminta waktu tambahan.
Masih ingatkah dengan janji saya? Saya berjanji kepada ibu kalau saya pasti akan bisa seperti ibu. Saya sudah membuktikannya ibu. Sekarang saya telah menjadi guru matematika untuk tingkat SMP di kota Bandung. Semua ini berkat bantuan ibu. Terima kasih ibu untuk semuanya. Ketika libur tiba, saya akan kembali ke Bandar Lampung, saya berharap dapat bertemu dengan ibu. Apakah ibu masih tinggal di kediaman ibu yang dulu?

Masih banyak hal yang ingin saya ceritakan kepada ibu, hanya saja lembar kertas membatasi kata-kata saya. Saya akan menceritakannya ketika bertemu dengan ibu suatu hari nanti.

Demikian surat dari saya ibu, saya menunggu balasan dari ibu. Terima kasih ibu.
                                                           
Salam dari muridmu,


                                                                  Indah Putry


Contoh surat pribadi untuk guru 2

Bandar Lampung, 2 Agustus 2015
Salam hormat,
Salam sejahtera bagi kita semua.

Hallo Pak Iwan, bagaimana kabarnya di tempat yang baru? Saya harap sama menyenangkannya seperti saat bapak mengajar di sekolah saya dulu. Saya dan teman-teman begitu merindukan bapak. Cara mengajar bapak yang santai namun jelas membuat kami merasa kehilangan. Pengganti bapak untuk mengajar sosial cukup baik, meskipun demikian kami tetap merindukan saat dimana bapak mengajar kami di kelas.
Kapan bapak berencana berkunjung ke sekolah? Kami berharap bapak tidak melupakan kami dan mau memaafkan kenakalan-kenakalan yang telah kami buat. Kami menunggu kabar kedatangan bapak di sekolah.

Sekian dulu surat dari saya pak. Saya menunggu balasan dari bapak. Terima kasih
                                                           
Salam dari muridmu,

                                                                  Indah Putry


Demikian Contoh surat pribadi untuk guru,  diharapkan dapat menjadi referensi dalam pembuatan surat jika adik-adik ingin mengirim surat kepada guru kalian yang telah pergi. Selain itu, dapat menjadi referensi pemenuhan tugas pembuatan contoh surat pribadi untuk guru. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasa--indonesia.blogspot.com yaa. Semoga bermanfaat terimakasih. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Surat Pribadi Untuk Guru Terbaik