Pengertian Kalimat Efektif dan Contoh Kalimat Efektif Lengkap

bahasa--indonesia.blogspot.com - Pengertian kalimat efektif dan contoh kalimat efektif – sebelum kita berbicara lebih jauh tentang kalimat efektif dan contohnya, kita harus mengetahui pengertian dari kalimat efektif terlebih dahulu. Kalimat efektif adalah jenis kalimat lain yang perlu kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian kalimat efektif adalah kalimat yang mampu mengungkapkan ide, pesan, atau keinginan pembicara atau penulis dengan sederhana. Tujuan kalimat efektif adalah agar pembaca atau pendengar dapat memahami apa yang disampaikan pembicara atau penulis dengan cepat dan baik. Selain itu, penggunaan kalimat efektif dalam suatu kegiatan dapat menghemat waktu dan waktu. Kalimat efektif dapat digunakan dalam kegiatan diskusi, pidato, wawancara, karya tulis, dan lain-lain. Untuk dapat memahami dengan baik penulisan perhatikan syarat kalimat efektif berikut ini.

Pengertian Kalimat Efektif dan Contoh Kalimat Efektif

Dalam penjelasan pengertian kalimat efektif dan contoh kalimat efektif, ada enam syarat yang harus dipenuhi dalam membuat kalimat efektif, yaitu:

1. Kesatuan
Kesatuan dalam kalimat efektif artinya kalimat tersebut harus memiliki ide pokok atau minimal memiliki subjek dan predikat.
Contoh :
· Kalimat tidak efektif
Bagi yang tidak berkepentingan dilarang masuk.
· Kalimat efektif
Mahawiswa yang tidak berkepentingan dilarang masuk.

2. Kepaduan
Kepaduan berarti adanya hubungan yang padu antara unsur-unsur pembentuk kalimat. unsur pembentuk kalimat terdiri dari kata, frasa, dan tanda baca.
Contoh :
· Kalimat tidak efektif
Kepada setiap pengemudi mobil harus memiliki surat ijin menemudi
· Kalimat efektif
Setiap pengemudi harus memiliki surat ijin mengemudi.

3. Kepararelan
Kepararelan berarti adanya pemakaian bentuk gramatikal yang sama untuk bagian-bagian kalimat tertentu. Jika unsur utama menggunakan kata kerja, selanjutnya harus menggunakan kata kerja. Jika menggunakan kata benda maka seterusnya harus menggunakan kaya benda.
Contoh :
· Kalimat tidak efektif
Kakakmu menjadi dosen atau sebagai guru?
· Kalimat efektif
Kakakmu menjadi dosen atau menjadi guru?

4. Ketepatan 
Ketepatan berarti kesesuaian/ kecocokan pemakaian unsur-unsur yang membangun suatu kalimat sehingga terbentuk pengertian yang pasti.
Contoh :
· Kalimat tidak efektif
Dinda setiap hari belajar dari pagi hingga larut malam.
· Kalimat efektif 
· Dinda setiap hari belajar dari pagi sampai larut malam.

5. Kehematan
Kehematan berarti hemat dalam pemakaian kata atau kelompok kata. 
Contoh :
· Kalimat tidak efektif
Hanya ini saja yang dapat aku berikan kepadamu.
Budi naik ke atas bersama Dian.
· Kalimat efektif
Ini saja yang dapat aku berikan padamu.
Budi naik bersama Dian

6. Kelogisan 
Kelogisan berarti kalimatnya memiliki arti yang logis/ masuk akal. Tujuannya agar kalimat tidak mengandung dua arti.
Contoh :
· Kalimat tidak efektif
Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-57

· Kalimat efektif
Hari Kemerdekaan ke-57 Republik Indonesia.

Berdasarkan  buku Komposisi (Keraf, 2001: 36) ada beberapa syarat yang juga dapat digunakan dalam menulis pengertian kalimat efektif dan contoh kalimat efektif. Syarat-syarat tersebut adalah 

1. Kesatuan gagasan artinya kalimat tersebut harus memiliki satu ide pokok. Dalam laju kalimat tidak boleh diadakan perubahan dari satu kesatuan gaasan kepada kesatuan gagasan lain yang tidak ada hubungannya.

2. Koherensi yang kompak artinya adanya hubungan timbal balik yang baik dan jelas antara unsur-unsur (kata/ kelompok kata) yang membentuk kalimat. Ada beberapa bagian-bagian kalimat yang memiliki hubungan yang lebih erat, sehingga tidak dapat dipisahkan.

3. Penekanan artinya, kata yang dipentingkan harus mengalami penekanan atau lebih harus ditonjolkan dari unsur-unsur lainnya yang kurang dianggap penting.

4. Variasi artinya, suatu upaya yang bertolak belakang dengan repetisi. Variasi tidak lain daripada menganekaragamkan bentuk-bentuk bahasa agar tetap terpelihara minat dan perhatian orang.

5. Paralelisme artinya, menempatkan gagasan-gagasan yang sama penting dan sama fungsinya ke dalam suatu struktur/ konstruksi gramatikal yang sama. Paralelisme atau kesejajaran bentuk membantu memberi kejelasan dalam unsur gramatikal dengan mempertahankan bagian-bagian yang sederajat dalam konstruksi yang sama.

6. Penalaran artinya, dalam menulis atau mengatakan sesuatu jalan pikiran pembaca turut menentukan baik tidaknya kalimat seseorang. Kalimat yang diucapkan pembicara harus bisa dipertanggungjawabkan dari segi akal yang sehat atau penalaran. 

Pengertian kalimat efektif dan contoh kalimat efektif – Sebuah kalimat yang efektif selain menggunakan syarat-syarat yang telah disebutkan di atas juga harus terhindar dari ambiguitas. Kalimat efektif haruslah memiliki satu makna saja. Selain itu, kalimat efektif mempersoalkan bagaimana ia dapat mewakili secara tepat isi pikiran atau perasaan pengarang, bagaimana ia dapat mewakilinya secara segar dan sanggup menarik perhatian pembaca. Kalimat efektif juga memiliki kemampuan untuk menimbulkan kembali gagasan-gagasan pada pikiran pendengar atau pembaca yang identik dengan apa yang dipikirkan pembicara atau penulis. 

Demikian penjelasan tentang pengertian kalimat efektif dan contoh kalimat efektif, semoga dapat menambah wawasan kalian dan menjadi bahan referensi dalam menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengertian kalimat efektif dan contoh kalimat efektif. Jangan lupa kunjungi blog kami di bahasa--indonesia.blogspot.com ada banyak sekali artikel bermanfaat lainnya yang bisa kalian baca. Terimakasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian Kalimat Efektif dan Contoh Kalimat Efektif Lengkap