2 Contoh Kata Pengantar Makalah Proposal Terbaru

Contoh kata pengantar makalah proposal – Proposal adalah rencana kegiatan yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan. Tujuan dari penulisan proposal adalah agar pihak yang berkepentingan dapat memahami dengan baik kegiatan yang akan berlangsung. Pihak yang berkepentingan tersebut antara lain, pemberi ijin (kegiatan, tempat, dan alat yang dibutuhkan), penyumbang dana (baik sponsor maupun yang berkepentingan), dan pihak keamanan (bila diperlukan). 

Proposal berbeda dengan laporan. Bedanya, bila proposal dibuat dan diajukan sebelum kegiatan berlangsung, sedangkan laporan setelah kegiatan berlangsung. Dalam membuat proposal, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu kata pengantar, latar belakang, tujuan, kegiatan, waktu dan tempat, pelaksana, dan rencana anggaran kerja. 


contoh kata pengantar makalah proposal
Google Image


Sebelum membuat proposal ada baiknya membuat kata pengantar agar pembaca mengetahui sedikit informasi tentang penulis maupun sekilas tentang isi proposal. Latar belakang berisi alasan atau alasan suatu kegiatan itu dilakukan, tujuan berisi tentang hasil apa yang akan dicapai dari kegiatan tersebut, kegiatan berisi rincian apa saja yang akan dilakukan dalam kegiatan itu, waktu dan tempat berisi tentan kapan dan di mana akan diadakan kegiatan tersebut, pelaksana berisi tentang siapa saja yang terlibat dalam kegiatan tersebut dan apa saja rincian pekerjaan atau tanggungjawab yang dimiliki, dan rencana anggaran berisi tentang rincian pemasukan dan pengeluaran dana yang dibutuhkan agar kegiatan terlaksana sesuai dengan rencana.

Baca juga artikel bermanfaat berikut ini:
1. Cara membuat kata penutup makalah dan contohnya
2. Pengertian dan contoh paragraf eksposisi terbaru

Berikut ini contoh kata pengantar makalah proposal tentang kegiatan kemping yang akan dilakukan oleh sebuah sekolah.

Contoh Kata Pengantar Makalah Proposal 

Contoh Kata Pengatar 1

Tak dapat disangkal bahwa kegiatan kemping mempunyai peranan yang besar dalam membuat siswa menjadi lebih mandiri dan dapat mempererat tali silaturahmi/ kekeluargaan antar sesama di sekolah. Kemping adalah salah satu kegiatan yang ada dalam kepramukaan. Kemping biasanya dilakukan ditempat terbuka/ alam yang jauh dari keramaian dan kemewahan. Dengan mengikuti kemah/ kemping siswa diajarkan caranya mandiri, percaya diri, dan bekerjasama dalam tim. Selain itu, kegiatan ini berguna untuk mengenalkan siswa tentang kondisi alam Indonesia dan lingkungan luar sekolah yang mungkin belum pernah dijamah oleh siswa.

Diadakannya kemping ini juga diharapkan hubungan siswa dan guru menjadi lebih dekat dan menjadikan kegiatan ini sebagai pengalaman yang bermakna bagi siswa dan juga para guru. Berdasarkan hal tersebutlah, maka proposal ini dibuat dan di ajukan oleh OSIS SMP Bina Nusantara kepada pihak yang berkepentingan. 

Proposal ini dibuat dengan tujuan yang jelas dan rencana anggaran yang rinci dan jelas. Kami berharap pihak yang berkepentingan mau bekerjasama dan ikut melancarkan kegiatan kemping tahun ajaran 2015-2016.


Berikut ini contoh kata pengantar makalah proposal tentang kegiatan workshop tentang kepemimpinan 

Contoh kata pengantar 2

Tak bisa dibayangkan jika suatu negara tanpa pemimpin. Pemimpin memiliki peran yang begitu penting dalam pengambilan keputusan. Tidak hanya itu, pemimpin juga memiliki peran mengarahkan atau menghimbau anggotanya/ rakyatnya untuk menjadi lebih baik. Berdasarkan hal tersebut seorang calon pemimpin atau pemimpim haruslah memiliki syarat dan sifat-sifat  kepemimpinan. 

Pada hakekatnya manusia adalah pemimpin, minimal menjadi pemimpin bagi dirinya sendiri. Seseorang bisa saja menjadi pemimpin bagi orang lain, selama memiliki syarat dan sifat kepemimpinan. Sifat kepemimpinan tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari, mulai dari menjadi pemimpin pada lingkup kecil hingga besar. Contoh menjadi pemimpin di rumah tangga, kelas, organisasi, lembaga, daerah, propinsi, dan negara. 

Sifat utama seorang pemimpin adalah berani dalam mengambil keputusan. Dengan sifat itulah seseorang mampu menjadi pemimpin yang dapat diandalkan dalam segala kondisi dan mampu membawa anggotanya ke dalam keadaan yang nyaman dan aman. 

Dengan alasan di atas, maka kami, HIMA (Himpunan Mahasiswa Aktif) ingin mengadakan sebuah workshop tentang kepemimpinan. Kami berharap acara ini berlangsung dengan baik dan dapat memberikan informasi yang berguna bagi siapa saja yang ingin menjadi seorang pemimpin. 

Demikian dua contoh kata pengantar makalah proposal yang diharapkan dapat membantu pembaca dalam menyelesaikan tugasnya. Selain itu, diharapkan dapat menambah wawasan pembaca tentang contoh kata pengantar makalah proposal. Silakan kunjungi blog kami di bahasa--indonesia.blogspot.com ada banyak sekali artikel-artikel bermanfaat lainnya tentang pelajaran bahasa Indonesia. Terimakasih. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 2 Contoh Kata Pengantar Makalah Proposal Terbaru