2 Contoh Kutipan Langsung Kurang dari 4 Baris Terbaru

bahasa--indonesia.blogspot.com - Contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris – Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seseorang, atau ucapan seseorang yang terkenal, baik terdapat dalam buku-buku maupun majalah-majalah. Penulis cukup mengutip pendapat yang dianggapnya benar itu dengan menyebutkan di mana pendapat itu dibaca, sehingga pembaca dapat mencocokkan kutipan itu dengan sumber aslinya. Walaupun kutipan atas pendapat seorang ahli itu diperkenankan tidaklah berarti  bahwa sebuah tulisan seluruhnya  dapat terdiri dari kutipan-kutipan. Penulis juga tidak diperkenanakan mengutip keseluruhan kata atau pendapat dari sebuah buku.

Menurut jenisnya, kutipan dapat dibedakan menjadi kutipan langsung dan kutipan tidak langsung. Kutipan langsung adalah pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata demi kata, kalimat demi kalimat dari sebuah teks asli. Sebaliknya, kutipan tidak langsung adalah pinjaman pendapat dari seorang pengarang atau tokoh terkenal berupa inti sari atau ikhtisar dari pendapat tersebut. Perbedaan antara kedua jenis kutipan tersebut haruslah benar-benar diperhatikan karena akan membawa konsekuensi yang berlainan bila dimaksukkan dalam teks. Kutipan langsung yang dicatat pada kartu tidak harus dimasukkan dalam tanda kutip, sedangkan semua kutipan tak langsung tidak diapit oleh tanda kutip. Dengan demikian, penulis tidak akan mengalami kesulitan dalam mengambil kutipan.

Contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris – Dalam menulis kutipan ada beberapa cara yang dilakukan berdasarkan jenis kutipan. Cara menulis kutipan langsung yang tidak lebih dari empat baris adalah sebagai berikut. 

1. Kutipan itu diinterasikan langsung pada teks;
2. Jarak antar baris dengan baris dua spasi;
3. Kutipan diapit dengan tanda kutip;
4. Sesudah kutipan selesai diberi nomor urut penunjukkan setengah spasi ke atas, atau dalam kurung ditempatkan nam asingkat pengarang, tahun terbit, dan nomor halaman tempat terdapat kutipan itu.

2 Contoh Kutipan Langsung Kurang dari 4 Baris Terbaru

Contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris -- Contoh 1 :

Seorang guru tidak dapat memperhatikan murinya satu demi satu. Dalam seminar “The Teaching of Modern Language” oleh sekretariat UNESCO di Nuwara Eliya, Sailan, pada bulan Agustus 1953 dikatakan : Because of the very special nature of languae, teaching us well on eneral educational grounds, it is vital that classes should be small” (hal. 50). Untuk waktu yang sangat lama.

Pada kalimat Because of the very special nature of languae,...dst. merupakan suatu kutipan, tetapi kutipan tersebut tidak lebih dari empat baris ketikan. Oleh karena itu, kutipan itu harus diintegrasikan dengan teks, serta spasi antara baris adalah spasi rangkap serta diberikan tanda kutip. Cara lain adalah mencantumkan naama pengarang (singkat), tahun, dan halaman dalam kurung.

Contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris -- Contoh 2:

Jerawat adalah salah stau permasalahan wajah yang sering dialami oleh kaum perempuan maupun kaum laki-laki. Seperti yang diutarakan oleh Kigmann (1995), “Tak ada satu pun di dunia ini yang tidak melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.” Hal ini membuktikan bahwa tak seorangpun yang bisa terbebas dari masalah jerawat di wajah. Menurut Siregar (1991), “jerawat (akne vulgaris) merupakan peradangan kronik dari folisebasea yang disebabkan oleh beberapa faktor dengan gambaran klinis yang khas”. Banyak faktor yang dapat menyebabkan datangnya jerawat. Penyebab yang paling umumadalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri. Menurut Koko Nata (2001) menuturkan, “ketika sel kulit mati bercampur dengan bedu dan kotoran lain akan membentuk campuran tebal dan lengket yang dapat membentuk sumbatan berbentuk bintik hitam atau putih pada pori-pori kulit”. Selanjutnya, menurut Birnbaum (2003) menatakan, “ kelenjar minyak akan mengalami pembengkakan, sehingga akan terjadi peradangan yang menghasilkan abses [nanah].

Bila menggunakan cara yang kedua, maka sesudah kutipan langsung ditempatkan nama pengarang (singkat), tahun, dan halaman dalam kurung.

Demikian penjelasan tentang Contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris, diharapkan tulisan ini dapat membantu adik-adik dan menjadi bahan referensi dalam mengerjakan tugas sekolah. Terima kasih sudah membaca artikel dengan judul Contoh kutipan langsung kurang dari 4 baris ini semoga bermanfaat.

Baca juga artikel terkait berikut ini:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 2 Contoh Kutipan Langsung Kurang dari 4 Baris Terbaru